Cara Jadi Kios Resmi Pupuk Bersubsidi, Ide Usaha Mantul!

Harga pupuk sedang melonjak. Selain harga bahan baku pupuk yang masih tinggi, keterbatasan pasokan menyebabkan kenaikan harga tersebut, akibatnya kelangkaan terjadi di banyak tempat.

Di sisi lain, pupuk adalah salah satu barang pokok yang selalu dibutuhkan petani dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, pupuk juga merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

Nah, jika kamu tertarik berjualan pupuk subsidi, terutama menjadi agen resmi, berikut cara-cara memulainya.

Bikin badan usaha dan ajukan izin dagang

Dewasa ini membuka bisnis kios memerlukan izin berusaha dan izin dagang. Izin tersebut sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kamu juga akan lebih mudah mencari supplier atau mitra kerja ketika kamu sudah mengantongi izin usaha.

Salah satu jenis badan usaha yang cukup mudah didirikan ialah PT Perorangan, cukup dengan Rp50.000 kamu bisa mendapatkan legalitas usaha dalam 1×24 jam. Silahkan baca Cara Mendirikan PT Perorangan untuk selengkapnya.

Pilih lokasi usaha yang tepat

Lokasi usaha adalah faktor krusial dalam kesuksesan berbisnis. Untuk menjadi kios, pilihlah lokasi yang dekat dengan dengan pemukiman penduduk dan jalan raya.

Pastikan pula lokasi usahamu mudah diakses. Hindari memilih lingkungan yang memiliki jalan yang sempit dan terlalu padat. Karena akan mengganggu proses bongkar muat pupuk nantinya.

Sebagai penjual pupuk subsidi, kamu juga harus memastikan pembuangan limbah karung pupuk tersedia dan aman. Jangan sampai bisnismu mencemari lingkungan sekitar, ya!

Gaet distribotur resmi

Pupuk Indonesia adalah perusahaan nasional yang menangani pupuk bersubsidi. Sebagai BUMN, Pupuk Indonesia menaungi beberapa perusahaan yang memproduksi pupuk skala nasional seperti Pupuk Kalimantan Timur (PKT), PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang Cikampek, PT Pupuk Iskandar Muda, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, dan PT Rekayasa Industri.

Naah dalma mendistribusikan pupuk bersubsidi, Pupuk Indonesia menggandeng Mtra Distribor yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam perdagangan umum di masing-masing wilayah Indonesia. Adapun mitra distribur Pupuk Indonesia antara lain Perusahann Perdagangan Indonesia (area Kalimantan Timur), CV Mulia (area Sulawesi), PT Manunggal Agro Sentosa (Jember), dan banyak lagi.

PT Pupuk Indonesia menyediakan kontak masing-masing perusahaan mitra tersebut di situs resminya. Pilihlah distribur resmi sesuai wiliyah kamu.

Cari kelompok tani dan petani

Petani yang tergabung dengan kelompok tani adalah konsumen utama dari bisnis agen pupuk subsidi. Dengan melayani beberapa kelompok tani, artinya kamu memiliki konsumen tetap.

Pastikan kamu menjual pupuk bersubsidi sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang diatur dalam Permentan nomor 49 tahun 2020 dan petani yang membeli terdaftar terdaftar dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompoktani (RDKK).

Mengajukan ke distributor resmi dan dinas pertanian setempat

Sebelum mengajukan ke Dinas Pertanian setempat, silahkan penuhi persyaratan manjadi agen resmi pupuk bersubsidi berikut ini:

Memiliki Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), memiliki permodalan cukup, Nama Kios yang akan didaftarkan, lokasi kios, dan Nama Penanggung Jawab.

Tambahan, saat ini agen pupuk subsidi tidak usah repot mengurus SIUP dan TDP. Sebab yang diperlukan sekarang cukup mempunyai Nomor Induk Berusaha (NIB).

Dilansir dari Kumparan.com, “Setelah UU Cipta Kerja disahkan sudah tidak diterbitkan lagi SIUP, TDP, dan SKU. Saat ini pelaku usaha hanya perlu mengurus NIB. Artinya cukup perlu NIB saja,” kata Staf Khusus Bidang Hubungan Daerah Kementerian Investasi/BKPM, Tina Talisa.

Setelah syarat diatas terpenuhi, silahkan datang ke kantor Dinas Pertanian setempat untuk dibantu proses pendaftaran kios. Sampai proses ini kamu cukup menunggu karena Dinas Pertanian yang akan menangani dan berkoordinasi dengan Distributor terkait penyalur baru.

Bila Kios berhasil terdaftar, Distribuor akan menerbitkan Surat Perjanjian Jual Beli ISPJB) yang berisi hak dan tanggung jawab Distributor dan Pembeli untuk ditandatangani. Proses transaksi jual beli kemudian dapat dilakukan pada 1 tahun mendatang. Bila daftar Kios pada 2022 maka transaksi baru bisa dilakukan pada 2023 karena harus menyesuaikan alokasi RDKK yang akan datang.

Catat segala transaksi bisnis dengan teliti

Mencatat seluruh transaksi atau melakukan pembukuan sangatlah penting demi keberlangsungan bisnis sebagai agen pupuk subsidi

Selain itu, kamu juga perlu memastikan stok pupuk subsidi dari supplier aman. Pengecekan itu harus dilakukan secara rutin.

Bagikan Artikel Ini :