18 Contoh Website Portofolio Desain Terbaik

Portofolio desain terbaik hadir dalam beragam bentuk, ukuran, dan format. Portofolio desain memberi tahu pengunjung tentang pekerjaan Anda. Memiliki portofolio desain yang bagus sangat penting karena akan memiliki pengaruh terhadap keputusan calon klien, apakah akan tertarik menggunakan jasa Anda atau tidak.

Jika saat ini Anda ingin mengupdate portofolio atau justru baru ingin mulai membuat portofolio desain versi sendiri. Tentu sudah tepat Anda disini. Melihat-lihat ragam portofolio desain dapat memberi Anda inspirasi dan membantu Anda memulai.

Ada banyak sekali portofolio di luar sana, jadi untuk membantu Anda, kami telah mengumpulkan beberapa portofolio desain terbaik di internet. Kami telah memastikan untuk menyertakan portofolio dari materi iklan dari berbagai disiplin ilmu, termasuk ilustrator, studio, dan freelancer. Masing-masing unggul dalam elemen yang berbeda, ada portofolio dengan estetika yang menakjubkan, ada pula portofolio yang memiliki interaksi pengguna yang brilian.

Untuk mulai membangun portofolio desain Anda, Anda memerlukan platform untuk membuatnya kan? Untuk itu, Anda dapat membuat portofolio Anda dari awal dengan Adobe Creative Cloud atau Anda dapat mencoba menggunakan CMS WordPress dan gunakan template portofolio yang sudah tersedia.

Nah biar tidak makin penasaran, yuk lihat beberapa portofolio desain terbaik yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Contoh portofolio desain populer terbaik

1. Studio Feixen

Portofolio Desain Studio Feixen

Studio desain yang berbasis di Swiss ini dipenuhi dengan karya yang menyenangkan dan berkarakter. Studio Feixen menampilkan karyanya yang semarak dengan portofolio gaya mix-match. Meskipun contoh-contoh dibingkai dalam berbagai bentuk ukuran yang berbeda pada halaman portofolio, situs ini masih terlihat keren.

2. RoAndCo

Didirikan oleh pelaku industri kreatif bernama Roanne Adams, RoAndCo yang berbasis di NYC menawarkan layanan desain dan branding. Proyek mereka disajikan dengan cara yang unik, dimana pengunjung bisa membolak-balik gambar, melihat presentasi web animasi, dan tersedia video layar penuh. Ini adalah portofolio yang didesain dengan cermat dan menyenangkan untuk dilihat.

3. Ben Brady

Portofolio ilustrator Ben Brady hadir dengan tampilan sederhana, karya-karyana tampil dengan minimalis dan jelas. Tidak perlu seabrek teks deskripsi, karya ini sudah tampil menawan.

4. Robin Mastromarino

Portofolio karya Robin Mastromarino menggunakan beberapa sentuhan animasi UI yang rapi untuk menjaga hal-hal tetap segar. Proyek-proyeknya tampak seolah-olah berada di atas roda, menjorok ke dalam pandangan, yang merupakan efek yang menarik. Gambar-gambar dalam setiap portofolio merespon ketika kita scroll dengan sedikit melengkung. Ini adalah efek yang tidak akan kami rekomendasikan untuk setiap materi iklan, tetapi untuk spesialis desain UI, ini memberikan catatan yang tepat dan memberi tahu pengunjung tentang apa yang dapat dilakukan desainer.

5. Active Theory

Melihat portofolio karya Active Theory seperti mengunjungi dunia lain. UI nya terkesan moody, dilengkapi elemen cyberpunk, dan beragam efek. Setiap contoh menampilkan animasi layar penuh yang dilengkapi dengan uraian singkat dan tautan yang relevan ke informasi lebih lanjut, termasuk studi kasus terperinci yang dibuat di Medium.

6. Velvet Spectrum

Velvet Spectrum adalah portofolio mahakarya dari desainer Luke Choice. Dia menunjukkan bahwa kesederhanaan juga dapat membuat dampak pada berandanya, yang menunjukkan montase thumbnail berwarna-warni yang mengarah ke tampilan visual dari karyanya. Background hitam menjaga semuanya tetap bersih dan membantu hasil proyeknya tetap menonjol. Hasilnya, portofolio desain ini sederhana namun sangat efektif.

7. Locomotive

Locomotive adalah sebuah studio yang berbasis di Quebec, Kanada, mengkhususkan diri dalam membuat pengalaman digital. Ketika Anda menavigasi di situs ini, terdapat beberapa efek animasi keren yang bisa ditemukan. Hal ini untuk menjaga minat pengunjung saat menelusuri situs, menjadikannya contoh sempurna tentang bagaimana animasi berkembang dapat digunakan secara efektif dan menarik perhatian.

8. Studio Thomas

Portofolio ini dibuat oleh Thomas Austin dan Thomas Coombes. Portofolio Studio Thomas menciptakan komunikasi visual untuk dunia fisik dan digital. Portofolionya menjadi contoh luar biasa dari desain web Brutalist dengan banyak sentuhan rapi. Proyek disajikan dengan cara yang teratur namun menarik dengan visual dan model wireframe yang jelas.

Situs ini mencerminkan sikap eksploratif dan eksperimental studio, hal ini sejalan dengan klaim studio berupa “desain untuk merek yang berani.”

9. Buzzworthy Studio

Buzzworthy Studio membranding dirinya sebagai “studio digital badass di Brooklyn”. Tipografi dan animasi pada portofolio ini dipadukan untuk menarik perhatian Anda.

10. Xavier Cussó

Situs portofolio yang menakjubkan ini dibuat oleh desainer dari Burundanga Studio, Barcelona. Portofolio Xavier Cussó ini memamerkan karya Cussó dengan warna-warna berani, ragam tipografi, dan terdapat animasi ketika scroll.

11. Merijn Hoss

Hoss menciptakan karya seni psikedelik yang sangat detail, tetapi profilnya menyajikan karyanya dalam format yang cukup sederhana dan minimalis. Portofolio Merijn Hoss adalah salah satu yang paling minimalis dalam list ini dan tidak mencolok seperti beberapa contoh sebelumnya. Ketika pengunjung mengklik thumbnail, gambar karya akan membesar disertai deskripsi singkat.

12. ToyFight

Portofolio desain ini dieksekusi dengan humor. ToyFight yang berbasis di Manchester membuat portofolio dengan efek scroll parallax dan transisi animasi.

13. Made Thought

Studio branding dan desain kontemporer yang berbasis di London dan New York, Made Thought menunjukkan bahwa lebih besar pasti bisa lebih baik dengan portofolio yang tidak mungkin diabaikan. Dengan tipe besar, gambar besar, pengguliran paralaks besar, dan filosofi besar yang menyertainya, portofolionya membuat pernyataan yang berani dan menindaklanjutinya dengan contoh pekerjaan yang menakjubkan untuk menunjukkan klaimnya untuk “membuat merek terasa seperti bagian dari masa depan”. Ini tentu terasa modern, terlebih mereka rutin mengupdate situs portofolionya agar tetap terlihat segar.

14. Marleigh Culver

Portofolio milik web desainer dan seniman Marleigh Culver menampilkan warna yang ciamik dan tata letak dan navigasi yang sederhana. Karya Marleigh ditampilkan dengan sangat efektif melalui penggunaan gambar yang besar dan loading halamannya cepat. Penggunaan tanda tangan artis pada menu di bagian atas situs juga merupakan sentuhan yang bagus.

15. Malika Favre

Ilustrator Malika Favre menggunakan thumbnail edge-to-edge layar penuh untuk menarik pengunjung agar melihat karya seninya yang semarak secara lebih rinci. Setelah salah satu karyanya diklik, thumbnail nya akan membesar dan masuk ke mode full screen.

16. Lusion

Situs portofolio Lusion penuh dengan sentuhan desain yang menyenangkan, termasuk titik bercahaya yang mengikuti kursor Anda. Halaman Tentang melapisi sosok berjalan yang merespons gerakan mouse.

17. Yul Moreau

Yul Moreno merupakan digital artist dari Seoul. Situs portofolio tampil menarik dengan belakang video retro. Portofolio satu halaman ini hadir dengan ornamen video, gambar, efek gulir yang cerdas, dan teks penjelas yang memberikan gambaran lengkap tentang karyanya.

18. Tim Smith

Situs portofolio Tim Smith menggunakan CSS3 untuk menampilkan karya-karyanya yang brillian. Terdapat efek animasi saat mengarahkan mouse ke hasil karyanya.

Demikian artikel tentang portofolio keren yang bisa Anda jadikan inspirasi. Setelah melihat ini, Anda diharapkan bisa mengeksplor dan membuat portofolio sesuai kreatifitas dan imajinasi Anda. Cheers!

Referensi:

  • Ruth Hamilton. 18 of the best design portfolio examples. Creativebloq.com – http://bit.ly/3lbUFJg
Bagikan Artikel Ini :