Keseruan Pelatihan Motion Graphic, Kolaborasi Kominfo dan Lulusan Vokasi

Yogyakarta – Seru pelatihan animasi Motion Graphic Artist (Intermediate Animator) hasil kerjasama VSGA Digitalent Kominfo bersama dengan para lulusan vokasi, hal tersebut diungkapkan Asman Haikal yang merupakan salah satu peserta pelatihan. Kegiatan berlangsung selama 5 hari, Senin – Jumat (27/02-03/03/2023).

Gambar Pelatihan VSGA Kominfo Motion Graphic
Potret Pelatihan VSGA Motion Graphic di BPSDMP Kominfo Yogyakarta. Dok. Pribadi.

Ditemui usai pelatihan, Haikal -sapaan akrabnya- bersyukur mendapat kesempatan ikut kegiatan ini, ia mengaku mendapatkan banyak pengetahuan baru dan bisa membangun koneksi dengan 30 peserta lainnya.

“Dapat banyak pengetahuan tentang motion graphic seperti workflow projek, prinsip dasar animasi, movement, pembuatan aset 2D, dan compositing di After Effect di hari pertama. Untuk hari kedua dan ketiga menerima materi pengantar 3D, konversi SVG ke model 3D di Blender, modelling, SLR, dan camera movement. Dua hari terakhir, kamis dan jum’at untuk uji kompetensi para peserta bersama LSP BPPTIK,” ujarnya sambil tersenyum, Jumat (03/03/2023).

Contoh modelling aset di Blender. Dok. Pribadi.

Haikal mengaku sedikit grogi saat mengikuti latihan hari pertama karena ini pertama kalinya ikut pelatihan Digitalent. Ia mengatakan, berusaha dan berdoa membuatnya lebih tenang saat mengikuti kegiatan.

“Sebenarnya ini pertama kali ikut pelatihan offline seperti ini, karena tema pelatihannya motion graphic, jadi banyak praktiknya,” kata dia.

Menurutnya, pengalaman pertama mengikuti pelatihan motion graphic secara offline sangat berharga dan tak terlupakan. Ia berharap ilmu yang diraih bisa bermanfaat untuk masa depan, mewarnai blantika dunia kreatif dan animasi di Indonesia.

Setelah mengikuti pelatihan, Haikal bersama dengan peserta pelatihan di uji oleh LSP BPPTIK tentang materi yang telah dipelajari. Ujian yang dilewati ada tiga jenis yaitu tes praktik, tes tulis, dan diakhiri dengan sesi wawancara.

Pada tes praktik, tiap peserta diberi challenge membuat sebuah video bumper berdasarkan brief pada soal. Waktu yang terbatas mendorong semua peserta mengeluarkan versi terbaik mereka. Tes tertulis sendiri mengukur sejauh mana pemahaman peserta terkait materi yang didapat selama pelatihan. Sesi akhir yaitu wawancara, disini peserta perlu meyakinkan Asesor bahwa mereka mampu dan kompeten agar bisa direkomendasikan untuk mendapat sertifikat profesi dari penyelenggara.

VSGA Intermediata Motion Graphic menghadirkan dua instruktur yaitu Dosen Universitas Amikom Yogyakarta Imam Ainudin Firmansyah dan Dosen Politeknik Negeri Media Kreatif Budi Utomo.

“Seru pelatihan ini, tugas pertama membuat motion graphic berbentuk infografis, tugas kedua membuat video bumper dengan aset 3D. Nah uji kompetensi saya bersama asesor keren, yaitu Andry Rivan Sumara yang merupakan praktisi animasi handal,” pungkasnya. (*)

Bagikan Artikel Ini :