Kemenpora Gelar Pelatihan Desain Grafis, Berikan Peningkatan Kapasitas para Pemuda

Dewasa ini perkembangan teknologi makin pesat dan persaingan pasar kerja yang semakin ketat, keberlangsungan karir dan kemampuan untuk bersaing dalam dunia kerja sangat bergantung pada tingkat keterampilan para pemuda.

Kegiatan dengan tema “Kreativitas Pemuda Tanpa Batas, Bikin Budaya Lokal Makin Terkenal” merupakan inisiasi dari Asisten Deputi Kemandirian Pemuda Kemenpora untuk mengasah talenta dan kreativitas para pemuda.

Peserta Pelatihan Kemenpora 2023
Peserta pelatihan Desain Grafis Kemenpora 2023

Pelatihan diselenggarakan secara paralel pada (02-03/08/2023). Untuk kegiatan luring berlokasi di Royal Malioboro Hotel, Yogyakarta yang dihadiri 70 peserta. Adapun kegiatan online melalui Zoom dihadiri sebanyak 1679 peserta di hari pertama dan 1336 peserta di hari kedua.

Kepala Dikpora DIY, Didik Wardaya, S.E., M.Pd., M.M., menyatakan bahwa pelatihan desain grafis ini merupakan langkah nyata dari pemerintah untuk peningkatan kapasitas pemuda.

“Apa yang kita lakukan hari ini sejalan dengan apa yang ingin kita bangun di DIY. Kegiatan ini menambah kekuatan kita dalam upaya membangun peran para pemuda,” ungkap Didik Wardaya di Royal Malioboro Hotel, Yogyakarta, Kamis (03/08/2023).

Sebagai ketua penyelenggara, Plt. Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Dr. Drs. Yohan, M.Si. menyebutkan bahwa transisi teknologi membuat perubahaan peluang di dunia kerja. Namun untuk bidang desain grafis, ke depan tetap di butuhkan.

“Kegiatan ini tidak sekedar memenuhi ambisi adik-adik untuk menguasai desain grafis, tetapi juga melihat peluang pasar ke depan. Pelatihan dari kami, bisa sebagai trigger, sehingga adik-adik bisa explore lagi,” ujar Yohan.

Harapannya acara ini menjadi wadah peningkatan kompetensi untuk peserta, untuk reskilling dan upskilling, juga meningkatkan jejaring. Prinsip pelatihan ini adalah Training of Trainer, diharapkan peserta akan menyalurkan juga kemampuannya sehingga memperbanyak talenta desain di Indonesia.

Bagikan Artikel Ini :