Tingkatkan Produktivitas dengan Shortcut After Effect Ini!

Agar lebih cepat dalam mengerjakan suatu proses pengeditan video, maka kamu harus mengetahui berbagai shortcut After Effect berikut.

Mengolah video atau animasi memang tergantung pada kreativitas, tapi dalam prosesnya, terdapat langkah-langkah yang perlu dilakukan.

Seperti misalnya mengubah keyframe, mengubah urutan layer, mengunci objek, dan sejenisnya. Nah hal seperti itu akan lebih cepat jika kamu mengetahui shortcut-nya.

Nah, pada artikel ini, Tuntas Digital akan memberikan beragam shortcut After Effect untuk kamu.

Shortcut digunakan untuk mempersingkat proses pengerjaan. Maka, berikut adalah shortcut After Effect yang Tuntas Digital rangkum dari situs resminya dan MotionDesign.

Perlu dicatat, di tutorial ini kita menggunakan tiga tombol khusus (Command, Option, dan Shift) untuk semua shortcut keyboard di Mac. Jadi, buat Anda pengguna PC Windows, silahkan ganti Command dengan Control dan Alt dengan Option untuk panduan ini.

Shortcut Keyboard Ini Bikin Kamu Jadi Master After Effect

Sama seperti setiap perangkat lunak lainnya, Shortcut After Effects adalah kombinasi dari dua hingga tiga tombol—jarang lebih. Alih-alih membuang waktu Anda mencari alat atau fungsi tertentu pada antarmuka yang luar biasa itu, lebih cepat dan lebih nyaman untuk menggunakan tombol pintas After Effects ini.

1. Shortcut After Effects: Transform Property

Shortcut: APSRT

Jika Anda ingin mengubah objek, cukup tekan APSRT untuk memunculkan properti transform dari pada ribet pakai menu dropdown. Bingung? Nah, A adalah singkatan dari Anchor Point, P untuk Position, S untuk Scale, R untuk Rotation, dan T untuk Opacity.

2. Shortcut After Effects: Opacity

Shortcut: Control + Option + (+ atau )

Jika Anda penasaran kok Shortcut Opacity di After Effects pakai T, itu karena opacity adalah kebalikan dari transparansi. Jika Anda ingin menyesuaikan opacity layer yang dipilih secara manual sebesar 1%, cukup gunakan Control + Option + (plus atau minus) pada keyboard.

3. Shortcut After Effects: Ganti Nama

Shortcut: Return / Enter

Jika Anda ingin mengganti nama objek, layer, komposisi, efek, grup, mask, atau folder, cukup pilih dan tekan Enter pada keyboard utama.

4. Memasang Penanda pada Timeline

Shortcut: Control + 8 atau *

Penanda atau marking digunakan untuk titik referensi pada layer, menyimpan komentar dan metadata XMP lainnya, dan juga memudahkan untuk menyelaraskan layer atau kursor pemutaran ke titik garis waktu tertentu.

Ingin tahu bagaimana cara menambahkan penanda di After Effects? Untuk Mac OS, cukup tekan Control + 8 pada keyboard utama. Atau Anda bisa menggunakan * (kali) pada numpad untuk Windows dan Mac OS.

Setelah Anda menetapkan penanda, Anda dapat mengklik dua kali untuk menambahkan komentar, tautan, dan lainnya. Untuk menghapus penanda, cukup Command-klik di atasnya.

5. Duplikat Objek

Shortcut: Command + D

Untuk menduplikasi objek yang dipilih (bisa berupa layers, masks, effects, text selectors, animators, puppet meshes, shapes, render items, output modules, atau compositions) di After Effects, cukup tekan Command + D.

6. Cara Cepat Menggunakan Hand Tool

Shortcut: Spasi

Menavigasi panel kompisisi akan mudah dengan Hand Tool. Tetapi alih-alih mengklik fitur ini di toolbar, atau menekan tombol H, cara sederhananya yaitu tahan tombol spasi dan seret.

7. Batalkan dan Ulangi Tindakan

Shortcut: Command + Z; Command + Shift + Z

Sebagian besar pemula tidak tahu cara membatalkan di After Effects, sebagian pula tidak bahwa ada shortcutnya. Pintasan Undo/ Redo berguna untuk melihat efek sebelum dan sesudah pekerjaan Anda dengan cepat. Untuk membatalkan tindakan yang telah selesai, tekan Command + Z. Gunakan Command + Shift + Z untuk mengulangi tindakan.

Shortcut Layer

Tombol shortcut pada After Effects ini akan memudahkan Anda untuk mengubah layer secara individual atau dalam grup.

1. Lompat ke Layer In-Point atau Out-Point

Shortcut: I atau O

Cukup menekan I pada keyboard Anda untuk memindahkan Anda ke in-point (yaitu, frame pertama) dari layer yang dipilih, dan tekan tombol O memungkinkan Anda beralih ke frame terakhir. Ini akan berguna jika Anda bekerja dengan komposisi yang lebih panjang.

2. Atur Layer Start atau End Point

Shortcut: [ atau ]

Untuk memindahkan layer yang Anda pilih untuk memulai atau mengakhiri di lokasi playhead, cukup tekan tombol [ atau ]. Ini menjentikkan layer yang dipilih ke posisi playhead saat ini, memungkinkan Anda untuk secara manual menyesuaikan waktu layer.

3. Buka Kunci Semua Layer

Shortcut: Command + Shift + L

Jika Anda bekerja dengan proyek eksternal (misalnya, template intro untuk video YouTube), maka kemungkinan besar beberapa layer dibiarkan terkunci. Alih-alih membuka kunci setiap layer satu per satu, cukup tekan Command + Shift + L untuk membuka kunci semua lapisan.

Di sisi lain, Anda dapat mengunci semua layer (yang dipilih) dengan Command + L jika Anda ingin membiarkannya tidak tersentuh.

4. Paskan Layer ke Komposisi

Shortcut: Command + Option + Shift + H; Command + Opsi + Shift + G;

Ucapkan selamat tinggal pada cara lama menyesuaikan dimensi layer secara manual menggunakan properti transform. Kombinasi tombol ini memungkinkan Anda untuk secara otomatis menskalakan lebar atau tinggi layer agar sesuai dengan komposisi.

5. Memidahkan Item Melalui Beberapa Layer

Pintasan: Command + atau

Masalah umum yang dialami oleh konten kreator saat mencoba memindah urutan layer adalah mereka terkadang tidak sengaja mengklik dan menyeret layer yang salah. Untuk menghindari kesalahan ini, cukup tekan Command + Up (atau Down). Tanda panah ke atas artinya menaikkan posisi layer satu tingkat, tanda panah ke bawah artinya layer turun satu tingkat.

6. Drag-Replace Item Layer

Shortcut: Option + Drag

Tahukah Anda bahwa Anda dapat mengganti aset untuk layer yang dipilih di timeline Anda? Ini adalah solusi ketika Anda memiliki prekomposisi atau aset di timeline Anda tetapi Anda ingin menukarnya dengan yang lain. Alih-alih menghapus layer, pintasan replace layer After Effects membantu Anda mengganti aset yang berisi.

Untuk melakukan ini, pilih layer di timeline Anda, tahan tombol Option, pilih item di panel proyek Anda dan ganti dengan drag/menyeret item sumber dari panel project ke layer yang dipilih.

7. Precompose Layer yang Dipilih

Shortcut: Command + Shift + C

Melakukan precompose layer memungkinkan Anda untuk mengatur pekerjaan Anda —atau layer sesuai keinginan sehingga menghemat waktu untuk mencari aset proyek Anda.

Precomposing seperti mengatur layer ke dalam folder. Untuk menyusun layer yang dipilih, cukup tekan Command + Shift + C.

Shortcut Keyframe After Effects

1. Menambah Keyframe

Shortcut: Option + APSRT

Tentunya membosankan bila harus mengklik ikon berlian atau bilah spasi stopwatch setiap kali Anda ingin menambahkan keyframe. Untungnya, ada shortcut “add a keyframe” pada After Effect.

Untuk menambahkan keyframe di timeline saat ini, cukup tekan Option dengan pintasan yang sesuai untuk Anchor Point, Posisi, Skala, Rotasi, dan Opacity.

Catatan: Anda dapat menggunakan pintasan keyboard yang sama untuk menghapus keyframe yang dipilih.

2. Easy Ease Keyframe yang Dipilih

Shortcut: F9 (Easy Ease), Shift + F9 (Easy Ease In), dan Command + Shift + F9 (Easy Ease Out)

Fitur Easy Ease berfungsi untuk menentukan kecepatan gerak dari objek atau karakter, seperti slow in dan slow out. Easy Ease In merupakan gerakan lambat pada awalnya kemudian menjadi cepat, sedangkan Easy Ease Out adalah gerakan yang cepat di awal kemudian menjadi lambat

Alih-alih memunculkan Editor Grafik setiap kali Anda ingin menggunakan fitur Easy Ease, Anda cukup menggunakan shortcut-nya..

Untuk menggunakan Easy Ease In, tekan Shift + F9. Kemudian untuk menerapkan Easy Ease Out, tekan Command + Shift + F9.

3. Memilih Semua Keyframe

Shortcut: Command + Option + A

Untuk menampilkan semua keyframe pada layer yang dipilih dan memunculkan lokasinya di timeline, tekan U. Selanjutnya, tekan Command + Option + A untuk memilih semua keyframe After Effects yang ditampilkan.

Selain itu, Anda dapat memilih semua keyframe berdasarkan properti dengan mengklik nama properti di timeline. Katakanlah Anda ingin memilih semua keyframe untuk Skala, yang harus Anda lakukan adalah mengklik “Scale”.

Mempelajari semua shortcut keyboard After Effects di atas akan memerlukan waktu, namun hal ini membantu Anda bekerja lebih cepat. Hapalkan shortcut di atas dan secara ajaib akan mempermudah tugas dan pekerjaan Anda.

Referensi:

  • Vladimir Liubarskiy. After Effects Keyboard Shortcuts. Motiondesign.school – http://bit.ly/40LWmgG
Bagikan Artikel Ini :