Mahasiswa Amikom Ikuti Pelatihan dan Sertifikasi VSGA Digitalent

Yogyakarta – Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta berkesempatan mengikuti kegiatan pelatihan dan sertifikasi melalui program Vocasional School Graduate Academy. Program ini adalah kerjasama antara Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V dan dan Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi (BPPTIK) Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI.

Sebanyak 100 peserta hadir pada kegiatan ini, 5 (lima) di antaranya adalah mahasiswa Amikom Yogyakarta. Acara VSGA digelar pada tanggal (23-28/7/2023) secara offline di Cavinton Hotel Yogyakarta untuk peningkatan skill para trainer di 2 (dua) skema, yaitu Associate Data Scientist (ADS) dan 3D Game Modeler (3DGM).

Peserta Associate Data Scientist Kelas B

Ketua tim kerja VSGA Anny Triana, ST, M.Sc., memberikan sambutan dan membacakan laporan kegiatan terkait program VSGA dan benefitnya bagi para peserta.

“Pelatihan VSGA dilakukan sebagai refresh mata pelajaran yang pernah diperoleh peserta pada pendidikan formal vokasi agar siap dalam menghadapi uji kompetensi. Uji kompetensi oleh LSP Informatika untuk skema Associate Data Science dan LSP AINAKI untuk skema 3D Game Modeler,” pungkasnya.

“Peserta pada kegiatan ini memperoleh pembiayaan (beasiswa) dari Kominfo yang mencakup akses mengikuti pelatihan, sertfikat completion setelah ikut pelatihan, uji kompetensi berbasis SKKNI, konsumsi, dan uang saku pelatihan,” lanjutnya.

Perwakilan Kemnaker dalam sambutannya mengapresiasi Kominfo karena memfasilitasi kegiatan ini. Beliau pun memamparkan trend dunia kerja saat ini. Tak dipungkiri, proses pandemi mempercepat proses shifting di dunia kerja. Contohnya, 4 Tahun lalu kita masih jarang meering via Zoom, saat ini sudah jamak zoom meeting maupun meeting secara pararel.

“Dunia kerja menuntut kepastian kompetensi sehingga dalam proses rekrut baik di sektor formal maupun kerja mandiri diperlukan pengakuan atas dasar kompetensi tersebut, yang tertuang dalam sertfikasi kompetensi,” ujarnya.

Selanjutnya Dr. Ir. Hedi M Idris, M.Sc selaku Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertfikasi Kominfo membuka onboarding secara resmi.

Kegiatan VSGA ini menghadirkan instruktur professional. Untuk kelas ADS B, materi pelatihan diisi oleh Dr. Ir. Yaya Heryadi, M.Sc. dari UNiversitas Bina Nusantara dan Muhammad Sholeh, ST.MT. dari IST AKPRIND.

Pelatihan ini membekali peserta dengan skill fundamental bidang sains data, termasuk dan tidak terbatas pada pengumpulan data, pembersihan data, membuat model, dan visualisasi hasil analisis.

Ditemui di tengah sesi kegiatan, Asman Haikal selaku perwakilan mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya pelatihan VSGA.

“Alhamdulillah melalui pelatihan ini saya bisa reskilling dan upskilling. Saya juga bisa meningkatkan jejaring sesama peserta data science enthusiast,” ujarnya.

Bagikan Artikel Ini :