34 Peserta Ikut Pelatihan VSGA Motion Graphic di BPSDMP Yogyakarta

Yogyakarta – Dewasa ini pelatihan terbuka untuk Professional, Mahasiswa, dan Calon Pekerja sedang digalakkan oleh Pemerintah. Hal ini pun terjadi di Yogyakarta. Melalui program VSGA, Kominfo Yogyakarta membuka pelatihan motion graphic artist untuk 30 orang pendaftar.

Apa itu VSGA?

Dilansir dari Kominfo.go.id, program Vocational School Graduate Academy (VSGA) merupakan program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional yang ditujukan bagi lulusan SMK/sederajat serta Diploma 3 dan 4 yang belum bekerja dan memiliki latar belakang pendidikan di bidang Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM).

Kegiatan VSGA di BPSDM Kominfo Yogyakarta dilaksanakan selama 5 hari, terhitung sejak 27 February 2023 – 3 Maret 2023. Pelatihan ini akan membekali peserta dengan teori fundamental motion graphic dan teknik umum seputar motion graphic seperti pembuatan aset, transisi, bumper video, dan lainnya.

Selain mendapatkan pembekalan sklll seputar motion graphic, Peserta juga berkesempatan mengikuti sertifikasi di akhir kegiatan. Sertfikasi ini disediakan oleh LSP.

Daftar Kegiatan pada Pelatihan Intermediate Motion Graphic di BPSDMP Kominfo Yogyakarta

Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari, adapun rincian kegiatan tiap hari adalah sebagai berikut:

  • Hari ke-1: Peserta diberi pembekalan materi penjelasan tool kerja berbasis vector (Illustrator) dan tool kerja berbasis raster (Bitmap). Untuk meningkatkan emahaman peserta, Dilakukan demo Workflow dengan kedua software tersebut.
    Di akhir kegiatan tiap peserta diberi penugasan berupa infographic 2D dengan fokus modelling dan camera position.
  • Hari ke-2: Hari kedua pelatihan, peserta diberi pembekalan materi penggunaan software 3D yaitu Blender. Instruktur kemudian memberi penjelasan 3D workflow, model & SLR tool, demo SLR (shading, lightning, dan rendering). Di akhir kegiatan diberi penugasan mandiri berupa proyek 3D bumper logo dengan fokus modelling dan SLR.
  • Hari ke-3: Pembekalan materi hari ketiga yaitu modelling, camera movement, dan SLR pada aplikasi Blender. Penugasan di akhir pertemuan berupa 3D bumper logo.
  • Hari ke-4: Hari keempat dilakukan uji kompetensi bekerjasama dengan LSP dari Jakarta.
  • Hari ke-5: Hari terakhir pun dialokasikan untuk uji kompetensi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kompetensi tiap peserta. Bagi peserta yang memenuhi S&K akan mendapatkan sertifikat KKNI dari penyelenggara.

Adapun informasi pendafaran kegiatan pelatihan yang akan datang bisa diakses melalui digitalent.kominfo.go.id.(*)

Bagikan Artikel Ini :