Rincian Modal Usaha Kios Pupuk Subsidi

Salah satu jenis usaha yang memiliki prospek tinggi yaitu kios pupuk bersubsidi. Meski dewasa ini sudah banyak berdiri toko pupuk modern, bukan berarti keberadaan kios pupuk bersubsidi hilang begitu saja. Salah satu lokasi strategis untuk membuka jenis usaha ini yaitu di sekitar area pemukiman atau dekat dengan jalan raya.

Bagi kamu yang tertarik ingin membuka kios pupuk bersubsidi sendiri, sebaiknya kamu memastikan terlebih dahulu apakah ada kios atau usaha sejenis di dekat lokasi tersebut. Setelah memastikan lokasi dan persainganya, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan modal usaha kios.

Rincian Modal Usaha Kios Pupuk Subsidi

Modal Usaha Pupuk Bersubsidi

Berapa modal usaha yang ideal untuk membuka usaha kios pupuk? Jawabannya tentu relatif. Ada beberapa hal yang jadi pertimbangan. Sebagai gambaran, berikut ini perincian modal usaha kios pupuk subsidi yang bisa kamu jadikan referensi.

Modal untuk tempat berjualan

Jika kamu ingin membuka usaha kios pupuk, tentu kamu bisa menggunakan sebagian lahan rumahmu sebagai tempat berjualan. Kamu bisa membangun ruangan baru di samping rumah sebagai tempat berjualan atau memanfaatkan garasi yang tidak terpakai dan memolesnya sedikit.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika mendirikan ruangan baru, tentu kamu harus menyiapkan modal yang cukup besar. Namun, kamu akan lebih leluasa mengatur bentuk dan tata letaknya sesuai keinginan.

Selain biaya tersebut, kamu perlu menyiapkan biaya-biaya lainnya, seperti rolling door, kunci, dan kamera CCTV .

Untuk membuat ruangan dengan ukuran 3 x 3 meter, setidaknya kamu membutuhkan modal sekitar Rp10 jutaan. Jumlah ini tidak termasuk rolling door, kunci, dan perangkat CCTV. Total biaya akan yang kamu keluarkan tentu beragam, hal ini tergantung dari besarnya ukuran kios dan model ruangannya.

Kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan dan modal yang kamu miliki. Alokasikanlah modal dengan bijak. Jangan sampai modal kamu justru habis duluan karena terlalu fokus membangun dan merenovasi bangunan kios.

Modal untuk dekorasi dan perlengkapan pendukung

Setelah membahas biaya dan modal tempat berjualan, pembahasan selanjutnya adalah modal untuk dekorasi dan perlengkapan pendukung.

Untuk membuka usaha kios pupuk, setidaknya kamu membutuhkan beberapa rak sebagai tempat memajang produk atau barang-barang yang akan kamu jual. Semakin banyak jenis pupuk yang tersedia, maka semakin banyak juga rak yang dibutuhkan.

Tidak semua pupuk harus kamu simpan di rak. Kamu juga bisa menyusunnya di lantai ruangan kios kamu. Jangan lupa pastikan pupuknya tertata agar mudah diambil dan diangkut ketika ada pembeli.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa perlengkapan penanganan untuk kios kamu, seperti Perlengkapan Dock Penerimaan dan Pengiriman, Konveyor, hand truck, dan lainnya.

Modal untuk barang dagangan

Pembahasan selanjutnya yaitu modal untuk dagangan. Modal ini meliputi aneka pupuk yang akan kamu jual.

Untuk usaha kios pupuk subsidi, modal yang dibutuhkan tentu tidak bisa dipukul rata. Hal ini tergantung pada jenis pupuk yang ingin kamu jual dan berapa banyak jumlahnya.

Untuk kamu yang masih baru menggeluti bidang usaha ini, sebaiknya kamu memulai dengan menjual pupuk yang paling dibutuhkan masyarakat di daerahmu. Misal, bila di daerahmu mayoritas kelompok tani adalah petani sawit maka yang kamu jual sebaiknya adalah pupuk NPK Phonska.

Setelah itu, barulah kamu bisa menambahkan jenis pupuk lainnya sesuai dengan permintaan dan kebutuhan. Adapun jenis pupuk yang paling umum dan banyak dicari yaitu pupuk ZA, Urea, SP-36, NPK Phonska, dan pupuk organik Petroganik.

Bila jenis dan jumlah pupuk yang ingin dibeli sudah diketahui, selanjutnya Kios menyetorkan sejumlah uang untuk menebus pupuk ke Distribor tempat terdaftar.

Modal untuk perizinan

Seperti kita ketahui untuk dapat berjualan dan menyalurkan pupuk bersubsidi kita perlu terdaftar menjadi kios resmi. Naah untuk menjadi kios resmi kita harus mengajukan diri ke distributor melalui dinas pertanian terdekat dan membawa berkas seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Nomor Induk Berusaha, dan akta pendirian perusahaan.

NPWP, NIB, Akta Perusahaan ini bisa didapat dengan mendaftarkan kios menjadi PT Perorangan. Biayanya cuma Rp50.000

Untuk cara mendirikan PT Perorangan bisa kamu baca disini. Silahkan baca juga Cara Menjadi Kios Resmi Pupuk Bersubsidi agar kamu memiliki gambaran tentang usaha kios pupuk bersubsidi ini.

Jika ditotal jumlahnya, setidaknya kamu membutuhkan Rp30 juta hingga Rp50 juta untuk modal usaha pupuk bersubsidi. Jumlah ini tentu bukan nominal baku. Bisa saja modal yang akan kamu keluarkan akan jauh lebih besar atau mungkin di bawah perkiraan ini. Semua itu, tergantung dari jenis dan banyaknya pupuk yang kamu jual.

Bagikan Artikel Ini :