Prestasi dan Inovasi: Gelar Karya Mahasiswa Sistem Informasi 2023-2024 AMIKOM Yogyakarta

Pada 5 Januari 2024, Universitas AMIKOM Yogyakarta menggelar acara puncak Gelar Karya Mahasiswa Sistem Informasi (GKMSI) 2023/2024 di Ruang Cinema Amikom. Kompetisi ICT yang diselenggarakan oleh program studi Sistem Informasi Universitas AMIKOM Yogyakarta ini memberikan platform bagi mahasiswa untuk menunjukkan karya inovatif mereka. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas jaringan dan berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

Penutupan Acara GKMSI 2023-2024 Amikom. (Foto: Amikom)

GKMSI 2023/2024 mencakup delapan kategori perlombaan yang meliputi Business Plan (ICT), Bisnis Digital dan Fintech, Pemrograman, Aplikasi dan Sistem Informasi, UI/UX, Media Interaktif dan AR/VR, Multimedia, serta Data Science. Proses pengajuan karya berlangsung dari 13 November hingga 20 Desember 2023, diikuti dengan penjurian tahap pertama dan puncaknya pada 22 Desember 2023.

Salah satu sorotan utama dari GKMSI tahun ini adalah pameran virtual yang dapat diakses melalui [https://gkmsi.info/pameran]. Pameran virtual ini merupakan hasil dari konsentrasi Creative Multimedia Prodi Sistem Informasi dan menjadi awal dari penerapan metaverse di AMIKOM. Produk ini dikembangkan oleh dosen Prodi Sistem Informasi sekaligus praktisi dari PT GIT Solutions, yaitu Kardilah Rohmat Hidayat, M.Kom.

Acara penganugerahan pada 5 Januari 2024 menjadi momen penting bagi Universitas AMIKOM Yogyakarta dalam mengapresiasi dan merayakan pencapaian mahasiswa. Salah satu tim yang berhasil meraih gelar juara adalah Tim Tuntas Digital, pada kategori Aplikasi dan Sistem Informasi. Tim Tuntas Digital beranggotakan Asman Haikal yang membawa produk Siap Pemilwa Amikom, platform voting berbasis web untuk memilih presiden dan wakil presiden mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta.

Gelar Karya Mahasiswa Sistem Informasi (GKM SI) 2024, yang telah selesai diselenggarakan, menampilkan inovasi dan prestasi mahasiswa dengan gemilang. Acara ini tidak sekadar menjadi panggung penghargaan, tetapi juga menjadi tempat inspirasi dan kolaborasi bagi generasi masa depan di bidang teknologi informasi dan multimedia. Dengan demikian, GKMSI terus menjadi momentum penting bagi kemajuan dan eksplorasi di kalangan mahasiswa Sistem Informasi AMIKOM Yogyakarta.

Bagikan Artikel Ini :